Kamis, 09 Oktober 2014

Kain Khas Bengkulu

Kain Khas Bengkulu

Pernahkah anda samar-samar mendengar tentang batik Bengkulu? Batik yang berasal dari Bengkulu ini tak kalah uniknya lho dari batik-batik Jawa. Beberapa waktu lalu Bengkulu telah mendeklarasikan motif batik miliknya secara resmi yang identik dengan budaya dan legenda rakyat Bengkulu. Batik dari Bengkulu terkenal karena keunikannya sehingga batik ini banyak diburu. Batik di Indonesia memang beragam jenisnya, juga banyak sekali motifnya. Bahkan perbedaan motif tersebut terbagi menurut perbedaan daerah, jadi setiap daerah memiliki motif batiknya sendiri, termasuk Bengkulu. Jika bicara mengenai kekayaan budaya batik nusantara, memang akan sangat banyak entri yang harus kita kaji. Namun salah satu yang terunik adalah batik dari Bengkulu.
Batik dari Bengkulu banyak mengadopsi dari kekayaan alam dan budaya masyarakat Bengkulu. Misalnya saja yang sudah sering kita dengar, mengenai bunga raksasa, bunga bangkai, atau bunga raflesia arnoldi. Bunga raksasa tersebut dijadikan gambar pada motif batik Kota Bengkulu karena memang bunga tersebut banyak terdapat di Bengkulu. Motif bunga raksasa tersebut uniknya, disatukan dengan tulisan kaligrafi atau huruf arab. Hal tersebut karena mayoritas rakyat Bengkulu merupakan pemeluk agama islam. Motif batik yang satu ini lebih akrab dikenal dengan sebutan batik besurek. Seperti halnya batik di Jawa, batik di Bengkulu juga memiliki beberapa jenis seperti batik tulis, juga batik printing atau batik cap.
Batik lain yang juga banyak mengadopsi nilai-nilai budaya masyarakatnya juga kekayaannya adalah batik Bojonegoro. Batik dari Bojonegoro ini memiliki motif yang mengadopsi dari legenda angling dharma. Legenda tersebut diwujudkan melalui batik dari Bojonegoro dengan motif angsa yang menjadi alih rupa raja angling dharma dahulu kala. Motif batiknya sangat unik karena memadukan unsur hewan dan tanaman, dimana angsa tersebut digambarkan dengan motif yang dikelilingi dedaunan yang cantik. Batik lain yang berhubungan dengan masyarakat Bojonegoro adalah motif batik jagung, yang biasa disebut sebagai batik motif jagung wiji emas, atau jagung yang berbiji emas. Batik dengan warna hijau ini memang penuh dengan motif jagung.
Batik yang tak kalah unik dan khas adalah batik Bogor. Batik dari kota hujan ini juga sama seperti batik dari Bengkulu dan Bojonegoro dimana motifnya banyak mengadopsi dari kehidupan masyarakatnya sendiri. Seperti sebutannya yakni kota hujan, Bogor juga memiliki batik dengan motif hujan gerimis. Terbayang tidak? Batik dari Bogor ini juga tak kalah uniknya dari batik Bengkulu dan Bojonegoro. Jika kita mencari batik unik yang khas, maka ketiga batik tersebut memang pantas menjadi Jawabannya. Ketiga jenis batik tersebut bisa anda jadikan oleh-oleh saat anda berkunjung atau sekedar mampir ke Bogor, Bengkulu, atau ke Bojonegoro. Batik tak hanya milik Solo dan Pekalongan saja lho!
batik bengkulu dan keterangannya batik dari bengkulu batik dari bengkulu dipengaruhi oleh budaya motif batik bengkulu dan maknanya motif batik dari bengkulu toko batik di bengkulu sejarah batik di bengkulu filosofi batik bengkulu foto batik bengkulu fungsi batik bengkulu grosir batik bengkulu harga batik bengkulu jual batik bengkulu batik khas bengkulu batik kaganga bengkulu batik besurek khas bengkulu kain batik khas bengkulu keterangan batik bengkulu kain batik bengkulu batik motif bengkulu batik nau bengkulu utara nama batik bengkulu batik bengkulu online pusat batik bengkulu ragam batik bengkulu sentra batik bengkulu batik tulis bengkulu kenapa batik bengkulu ada tulisan arab batik universitas bengkulu alamat gedung batik universitas bengkulu batik bengkulu wikipedia motif batik besurek bengkulu batik bogor handayani geulis galeri batik bogor batik bogor hujan gerimis batik hotel bogor harga batik bogor harga batik bogor tradisiku industri batik bogor batik bogor jalan jalak jual batik bogor jenis batik bogor batik bogor kujang batik khas bogor batik kabupaten bogor batik keris bogor batik kota bogor batik kab bogor toko baju batik di bojonegoro jenis batik di bojonegoro foto batik bojonegoro filosofi batik bojonegoro griya batik bojonegoro grosir batik bojonegoro galeri batik bojonegoro gamis batik bojonegoro harga batik bojonegoro batik jumput bojonegoro batik jumputan bojonegoro motif batik jumput bojonegoro batik sekar jati bojonegoro jenis batik bojonegoro jual batik bojonegoro lomba batik bojonegoro lomba batik bojonegoro 2012 batik bojonegoro motif padi batik bojonegoro motif sapi batik bojonegoro marely jaya batik bogor motif kujang jual batik khas bogor tridaya batik kabupaten bogor harga batik khas bogor lokasi batik bogor lokasi batik bogor tradisiku batik bogor murah grosir batik murah bogor baju batik murah bogor motif batik bogor makna batik bogor batik mega mendung bogor batik nusantara bogor tas batik nyai bogor batik bogor online outlet batik bogor kampung batik pgb bogor pusat batik bogor pengertian batik bogor penjelasan batik bogor motif batik bojonegoro macam batik bojonegoro motif batik bojonegoro terbaru model batik bojonegoro makna batik bojonegoro nama batik bojonegoro batik bojonegoro online pusat batik bojonegoro pengertian batik bojonegoro penjelasan batik bojonegoro batik bojonegoro sarimbit sejarah batik bojonegoro sentra batik bojonegoro batik bojonegoro terbaru batik tulis bojonegoro 5 motif batik bojonegoro terbaru toko batik bojonegoro tentang batik bojonegoro 9 motif batik bojonegoro 9 batik bojonegoro model baju batik bojonegoro contoh motif batik bojonegoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar